Sholat tepat waktu

#Day9
Pengamatan tanggal 10 November 2017


Kami..atau lebih tepatnya saya dan waldan memiliki kesepakatan dalam menunaikan kewajiban sholat 5 waktu, walaupun untuk ukuran waldan dia belum wajib karena belum memasuki usia aqil baligh, namun hal tersebut sudah saya biasakan sejak dia kelas 1 SD. Nah, kendala saat ini adalah waktu adzan subuh yang terlalu pagi yaitu pukul 04:15, membuat saya perang dengan batin saya,,, ada perasaan iba ketika saya harus membangunkannya di saat lelap tidurnya, di sisi lain saya memiliki kewajiban mendidiknya sholat tepat waktu. Sungguh pilihan yang sulit..sulit sekali (lebay 😂😂).

Saya pun menguatkan hati bahwa saya harus konsisten untuk menerapkan tepat waktu dalam menjalankan kewajiban 5 waktunya, karena waktu menuju aqil balighnya tidak lama lagi, dan merubah kewajiban menjadi kebiasaan yang menyenangkan.  Dengan ini saya coba untuk menerapkan metode “KISS” yaitu Keep Information Short and Simple dalam memberikan kalimat perintah kepada waldan dengan syarat anak laki-laki tidak boleh menerima kalimat perintah lebih dari 15 kata.

Mama: Bang, bangun nak! Sholat yuk! ( tidak lebih dari 15 kata)
Abang: no respons (masih gogoleran di kasur)
Mama: Bang!bangun subuh yuk, di musholla ud adzan sayang!
Abang: masih no respons
Mama: abang masih ngantuk yaa?
Abang: (dengan nada sumbang waldan menjawab) iya ma!masih ngantuk..
Mama: ooohhhh...okee..berapa menit lagi abang bangunnya?
Abang: 5 menit ya ma!
Mama: okeee..ntr klo udah 5 menit mama bangunin lagi yaa..
Tanpa jawaban dan tanpa ekspresi waldan pun menutup matanya kembali untuk melanjutkan tidurnya 😪.

5 menit kemudian dan sesuai kesepakatan saya pun membangunkannya kembali, tanpa penolakan waldan pun bangun dan bergegas menuju kamar mandi untuk mengambil wudhu dan melakukan sholat.  Saya pun sempat mengabadikan foto ketika dia hendak menunaikan ibadah solat subuhnya.
Abang waldan sedang sholat shubuh

Haduh itu kamar awur-awuran meni berantakan pisan..ngerakeunnya ah 🙈🙈.. Begitulah suasana kamar mama mbah di pagi hari,,jangan ditiru yaaa..😂

#harike9
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Komentar

Postingan Populer