Jurnal 1 kelas telur-telur Bunda Cekatan

Setelah menyelesaikan perkuliahan kelas Matrikulasi dan Bunda Sayang, kini saya pun mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan di kelas Bunda Cekatan Batch#1. Secara garis besar di kelas BunCek ini kita para ibu diajak bermain-main melalui beberapa tahapan selama 6 bulan kedepan yang tiap minggunya diminta untuk membuat jurnal mingguan, dengan bentuk yang sesuai dengan keinginan kita yaitu bebas merdeka, merdeka untuk bahagia. Karena ibu yang bahagia akan melahirkan anak-anak yang bahagia.
Kali ini saya akan memaparkan isi jurnal mingguan dari materi pertama tahapan kelas telur-telur. https://storyofmila.blogspot.com/2019/12/jurnal-1-kelas-telur-telur-bunda-cekatan.html
Dari gambar di atas saya mencoba membagi aktivitas saya menjadi 4 kuadran yaitu:
Aktivitas yang saya bisa dan saya tidak suka
  1. Mencuci
  2. Menyetrika
  3. Memasak
  4. Beres-beres rumah
Saat ini karena saya masih memiliki bayi maka pekerjaan ini saya delegasikan kepada Asisten rumah tangga.
Aktivitas yang saya bisa dan saya suka
  1. Bermain bersama anak
  2. Berjualan
  3. Menjahit
  4. Membaca buku
  5. Travelling/hiking
Aktivitas yang saya tidak bisa dan saya tidak suka
  1. Berkebun/bercocok tanam
  2. Bertukang
Aktivitas yang saya tidak bisa dan saya suka
  1. Menulis
  2. Fotografi
  3. Belajar bahasa asing
  4. Mendongeng
Dari 4 kuadran di atas saya diminta untuk menentukan 5 aktivitas yang saya bisa dan saya suka.


  1. Bermain bersama anak
  2. Berjualan
  3. Menjahit
  4. Membaca buku
  5. Travelling/hiking
Aktivitas ini saya urutkan berdasarkan skala prioritas saya saat ini, karena waktu saya sebagian besar berada di ranah publik dari mulai pukul 04:50 - 18:30 dimulai dari hari senin sampai jumat. Selepas aktivitas di ranah publik saya manfaatkan waktu saya lebih banyak untuk membersamai anak-anak sampai mereka tidur, lalu saya melanjutkan aktivitas lainnya seperti berjualan dan menjahit, tetapi menjahit selain di lakukan ketika anak-anak tidur juga bisa dilakukan ketika tubuh mampu untuk mengerjakannya, karena saya akan mengambil jatah istirahat saya untuk melakukan aktivitas ini.
Untuk travelling dan membaca buku menjadi bagian terfavorit saya, sewaktu sebelum menikah. Kini, hal ini tidak lagi menjadi skala prioritas karena terbentu dengan budget dan juga waktu. Alhamdulillah hasrat membaca masih bisa terpenuhi dengan membaca via media online, walaupun saya merasa lebih puas dengan membaca langsung dari Buku.


#janganlupabahagia
#jurnalminggu1
#materi1
#kelastelur
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#InstitutIbuProfesional

Komentar

Postingan Populer