Just My trip

Klo ada yang bilang naik gunung itu menderita, iya emang bener, orang itu gak boong..gimana gak menderita mau tidur gak pake kasur,mau makan gak ada yg bisa dimakan (lain hal klo yg hobi makan rumput atau daun2 liar,gampang tuh nyarinya),mau pup atau pipis jg gak bisa coz air sama toilet gak ada..jadi emang bener klo naik gunung itu menderita.. Trus ada lagi yg bilang naik gunung itu nyusahin diri..gak salah juga..gimana gak nyusahin diri lah wong kita ibarat mindahin rumah ke atas puncak gunung..mulai dari bawa tenda buat tempat berteduh,matras dan sleeping bag buat alas tidur biar gak kena hypotermia,,musti bawa perlengkapan dapur buat masak mulai dr kompor,nesting,bahkan ada yg bawa penggorengan,panci,samsi sampe baskom sama cobek pun dibawa,,apa gak dapur pindah tuh jadinya..blm lagi harus bawa perlengkapan makan dr mulai,piring,gelas,sendok,garpu dan yang lainnya..trus kita jg hrs bawa bahan makanan atau klo bahasa anak gunung itu namanya logistik..dan semua itu harus dimasukkan kedalam satu tas yang namanya keril dan harus kita panggul di atas pundak sampe puncak..kebayang kan..klo gak kebayang sini saya bantu bayangin dari jauh.. Trus klo ada yg bilang anak gunung itu kurang kerjaan..dipikir2 iya jg sih..lah wong ada tempat rekreasi yang nyaman malah milih masuk hutan..nyusurin jurang..naikin tebing yg terjal blm lagi ujan trekkannya licin trus kepleset berulang ulang karena salah perhitungan.. Semua statement orang2 itu bener..bener banget..gak ada yang salah.. Dan yg ngatain saya gila karena saya bawa anak buat diajak naik gunung..lah saya gak marah..lah emang bener..klo dipikir2 gila juga.. Tp jgn salah anak saya usianya ud 6 th..dan yg bawa anak usia 3 th bahkan bayi pun jg ada loh..berarti tuh orang tua bisa dibilang lbh gila dari saya... Cuma bagi yg blm ngerasain sensasinya naik gunung itu seperti apa mungkin akan berkomentar seperti itu..tp klo yg ud pernah ngerasain sekali pasti akan tau betapa arti sebuah perjuangan dan pengorbanan kita buat sampe puncak sehingga kita bisa lebih legowo dalam mengahadapu setiap ujian dan masalah..trus kita (kita yg dimaksud kita anak gunung yaa..bukan siapa2..dan gak maksud nyindir siapa2)..jg bisa sadar bahwa kita itu cuma manusia biasa yg gak pnya apa2 dan gak akan keliatan seperti apa2 ketika ada di atas puncak...(ya iyalah siapa jg yg mau ngeliat kita di puncak)..ketimbang yang pnya semesta ini... Dan bukan saya yg ngajak anak saya..tetapi dia sendiri yang meminta karena pnya rasa ingin tau yg besar ketika mendengar cerita dari kedua orangtuanya.. Bayangin aja anak tk ud bisa sampe puncak..lah wong saya aja dulu mulai naik gunung pas pake seragam putih abu2.. Trus ini saya jadikan kesempatan saya bt mendidik dia supaya tau dan.mengerti arti sebuah perjuangan dan pengorbanan..shg dia tumbuh jadi anak yg mau bekerja keras di jaman yg serba instant ini..tp dengan pola pemahaman yg bisa dijangkau oleh pemahaman anak tk..
Hidup itu adalah sebuah pilihan..dan setiap orang bebas hidup dengan pilihannya..baik itu baik atau tidak untuknya..andaikan itu tidak baik untuknya..berarti dia harus siap dengan segala konsekuensinya..
Dan tidak lari dari tanggung jawabnya..dan selama pilihannya juga tidak untuk menyakiti orang lain..
Dan selama pilihannya tidak menyakiti orang lain..maka orang lain tidak berhak untuk menghakimi pilihannya..
Memberi saran bukan memberi hukuman..hukuman sosial..

Masih banyak belajar..




Komentar

Postingan Populer